Jumat, 16 Agustus 2013

Perkembangan IT

Super Fast Without Obstacle
Oleh: Andre Hartono

buka halaman ini untuk menegerti sekilas tentang NEUTRINO
           
Siapa sih yang gak ingin untuk dapat berkomunikasi dengan siapa saja tanpa mengenal jarak dan waktu? Berkomunikasi dengan orang yang penting dalam kehidupan kita tanpa dibatasi faktor tersebut adalah hal yang menyenangkan tentunya. Saat ini banyak ilmuan yang berusaha untuk menemukan alat komunikasi yang canggih untuk digunakan pada kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya adalah teknologi yang di sebut dengan NEUTRINO.
            Sebelumnya mari kita mengetahui tentang asal mula neutrino ini. Bermula pada orang yang bernama Wolfgang Pauli tahun 1931, ia menemukan partikel yang tak terdeteksi ini untuk menjelaskan spektrum energi peluruhan beta. Sayang sekali karena sulit dideteksi keberadaannya, baru 25 tahun setelahnya Neutrino di diskusikan lagi oleh para peneliti. Tahun 1956 artikel yang berjudul Deteksi Neutro Bebas; Sebuah Pengantar di publikasikan dan sukses mendapat hadiah Nobel. Semenjak inilah penelitian tentang Neutrino berkembang pesat dalam kalangan ilmuan.
            Dengan adanya Neutrino ini kita dapat berkomunikasi dengan siapapun tanpa dibatasi jarak, semisal kita dapat berkomunikasi dengan orang yang ada di bulan ataupun dibawah laut.Neutrino sendiri bukan seperti alat komunikasi yang biasanya kita kenal dimana menggunakan gelombang elektromagnetik. Tapi yang mebuat Neutrino beda adalah penerapan teknologinya yang menggunakan neutron, dimana neutron sendiri massanya sangat kecil dan tidak dipengaruhi oleh gaya gravitasi yang ada dibumi ini. Sehingga kecepatan untuk menyampaikan informasi melalui Neutrino tidak perlu di ragukan lagi karena neutron ini mampu menembuas bebatuan dan menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat.
            Pada september 2011 lalu, kelompok peneliti yang bernama Opera menyatakan hasi penelitiannya, bahwa Neutrino dapat bergerak 60 nanodetik lebih cepat dari pada kecepatan cahaya. Walau akhirnya pernyataan mereka itu tidak terbukti secara pas. Berdasarkan penemuan itu Neutrino diteliti lebih lanjut. Sampai akhirnya pada 14 maret 2012 lalu sekelompok ilmuan dari University of Rochester dan North Carolina State University mengumumkan kalau mereka berhasil mengirimkan pesan melalui Neutrino.
            Para peneliti tersebut melakukan percobaan dengan lancar, dimana mereka mengirimkan pesan melalui Neutrino melewati bebatuan sejauh 240 meter. Dengan adanya Neutrino kita dapat menghubungkan dua titik bumi tanpa memalui satelit atau jaringan lainnya. Tentunya hal ini akan sangat membantu kita sebagai umat manusia dalam berkomunikasi dengan satu sama lainnya. Pada akhirnya perkembangan teknologi ini masih harus di sesuaikan dengan kondisi manusia saat ini. Ya, kita berharap yang terbaik untuk kita semua.  AH.

Dibuat Oleh:
Andre Hartono

201310330311119

Tidak ada komentar: