Jumat, 16 Agustus 2013

Perkembangan Ilmu Pengetahuan

Pembuatan Otak Virtual
Oleh: Andre Hartono
buka alamat ini untuk pengetahuan dasar mengenai otak dan cara kerjanya
http://www.youtube.com/watch?v=3A1E3PHf9gs
           
Kemaujan teknologi tak membuat manusia segera terpuaskan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. Banyak hal yang di lakukan oleh manusia untuk menciptakan daya dukung untuk kelangsungan hidupnya, salah satunya adalah mengembangkan teknologi yang membantu kehidupan manusia itu sendiri. Kini manusia mempunyai ambisi untuk memetakan jalur syaraf yang mendasari fungsi otak manusia. Dengan mempelajari pemetaan ini para ahli berharap dapat membuat “super brain” dan “otak virtual”.

            Yang jelas bayangan ini seperti adegan-adegan di film yang menggambarkan dunia masa depan dimana ada sebuah teknologi yang sama atau bahkan lebih pintar dari manusia yang mengatur sesuatu pekerjaan. Para ahli sekarang sedang meneliti bagaimana kerja otak kita, ya otak kita memang merupkan hal yang luar biasa yang di ciptakan oleh Tuhan kita. sampai saat ini belum ada yang dapat mengetahui sampai sejauh mana otak kita dapat berbuat dan memikirkan sesuatu. Jika dalam waktu dekat para ahli dapat memetakan jalur syaraf dan cara kerja otak kita, maka tentu saja kita sebagai manusia akan terbantu karena akan banyak penemuan yang muncul dari perkembangan teknologi ini.
            Para ahli meliputi ahli syaraf, dokter, fisikawan, matematikawan, pakar komputer dan etika. Mereka berusaha bersama untuk meneliti otak manusia mulai dari molekul, sel, dampai cara kerja otak itu sendiri. Mereka tergabung dalam satuan kerja dalam apa yang di sebut Blue Brain Project. Dengan dikerjakannya projek ini diharapkan suatu saat manusia dapta menciptakan teknologi yang sangat luar biasa yang melebihi teknologi dewasa ini. Teknologi ini diharapkan dapat membatu manusia dalam berbagi bidang seperti teknologi komunikasi, ilmu kedokteran bahkan semua yang ada dikehidupan kita ini.
            Blue Brain Project  sendiri disusun oleh para ahli sebagai atau dalam bentuk super komputer yang mempunyai kecepatan akses yang sangat tinggi yang dibuat menyerupai kecepatan kerja otak manusia. Semua data penelitian dan hasil kerja para ahli disimpan pada satu superkomputer ini. Jadi super komputer ini dapat menjadi cikal bakal virtual brain. Sebagai langkah pertama, proyek “ otak virtual” dan “ Brain Supercomputer”, terutama sejak tahun 2005 telah berhasil menemukan jaringan kortikal otak. Dan langkah awal tersebuta akan dikembangkan sampai menjadi milyaran neuron. Dan pada dua tahun terkahir ini penelitian ini menghasilkan hal yang lebih baik dari sebelumnya.
            Pada dasarnya proyek ini di buat agar peradaban manusia dapat memasuki era yang baru dimana semua umat manusia dapat saling memanjukan kehidupannya. Sehingga pada masa depan manusia dapat lebih maju dalam memahami otak sehingga kita dapat mendapatkan manfaatnya. Pada dasarnya kita juga harus menjunjung etika dalam penerapan teknologi ini agar kita menjadi bijkasana terhadap apa yang telah diberikan oleh padaNya. AH.

Dibuat oleh:
Andre Hartono

201310330311119

Tidak ada komentar: